Ketua PPNI Sumut sebut PHK 58 perawat oleh TDM tidak manusiawi

Medan (mediaperawat.com) – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Persa­tuan Perawat Nasional Indonesia (DPW PPNI) Sumut Mahsur Al Haz­kiani me­nge­cam keputusan Direksi PT Tembakau Deli Me­dica (PT TDM) yang dinilai bertindak semena-mena dan tidak manusiawi terhadap 58 pe­ra­wat yang be­kerja belasan tahun di rumah sakit tersebut, kemudian dipecat tan­pa diberi pesangon sedikit pun.

“Anda juga seorang manusia. Saat ini baru mema­suki bulan puasa, mereka sangat schok atas PHK sepihak itu. Tadi­nya, mereka berpikir masih bekerja, namun di tengah jalan di PHK dan tidak diberikan pesangon. Keinginan kami manusiakanlah ma­nusia yang sudah bekerja bertahun-tahun merawat manusia yang ada di sana. Bagaimana perasaan bapak di­rektur jika berada di posisi seorang pe­rawat, seorang tenaga kesehatan yang di­per­lakukan seperti ini. Jangan-jangan ba­pak juga butuh tenaga perawat untuk me­rawat bapak. Cepat atau lambat bapak juga butuh perawat,” Kecam ketua PPNI Sumut pada saat rapat mediasi di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sumut, Kamis (17/5/2018) lalu.

Ia berharap PT TDM segera mem­beri­kan hak-hak teman sejawat atau tenaga kesehatan yang sudah di-PHK itu se­suai pe­raturan perundang-undangan yang ber­laku dan sesuai dengan masa kerja mereka yang sudah berbelas tahun.

“Keputusan direksi TDM yang mem-PHK 58 perawat tanpa alasan yang jelas dan tanpa pesangon sedikitpun sangat tidak manusiawi, apalagi keputusan itu dilakukan memasuki bulan puasa dimana kebutuhan hidup keluarga sangat tinggi” Ujar Ketua PPNI Sumut yang ditunjuk menjadi kuasa hukum para perawat yang di PHK oleh TDM.

Sementara mediator dari Disnaker Pro­vinsi Ratna Uli SH me­nyarankan agar pi­hak perusahaan dan pihak perawat me­laku­kan kesepakatan antara kedua belah pihak. “Kami juga me­nginginkan seperti itu, namun meski kami sudah melayangkan surat ke direksi, sampai saat ini belum ditang­gapi. Jadi terpaksa jalan mediasi seperti ini yang diambil. Jika dengan jalan ini juga tidak selesai, kita akan mengambil jalan lain lagi,” tegas Mah­sur.

Red.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s