Besok 2000 perawat Lampung turun ke jalan

Esok hari perawat lampung akan turun kejalan untuk sebagai aksi solidaritas terhadap Fery, perawat yang dikeroyok keluarga pasien di UGD Rumah Sakit Abdul Moeloek pada Selasa, 27 Maret 2018 lalu. Hal ini dilakukan karena dianggap aparat penegak hukum lambat dalam menangani kasus ini. Perawat Lampung akan meminta keadilan terhadap penganiayaan sejawat perawat, demikian setidaknya pernyataan para aktifis perawat lampung yang banyak beredar di media sosial.

Aksi tersebut juga bertujuan agar tidak ada lagi kasus kriminalisasi dan kekerasan terhadap perawat di Propinsi lampung. Hal ini agar perawat dapat bekerja dengan tenang dan profesional dalam melayani masyarakat.

Aksi turun kejalan esok hari dikoordinir langsung oleh DPW PPNI Propinsi lampung dalam bentuk aksi damai dan simpatik dengan tema ‘Tolak Kekerasan dan Kriminalisasi Perawat’. Aksi tersebut akan dimulai (Start) dari Tugu Adipura dilanjutkan dengan berjalan menuju Lapangan Korpri melalui jalan Jendral AHmad Yani dan berbelok menuju jalan Wolter Monginsidi. Peserta aksi akan berkumpul terlebih dahulu pada pukul 09.00 di Taman Gajah Bandar Lampung dengan berpakaian putih putih.

DPW PPNI Propinsi lampung telah membuat intruksi kepada seluruh DPD PPNI sepropinsi lampung dalam bentuk surat edaran tertanggal 23 April 2018 agar setiap DPD mengerahkan masa perawat dari wilayah masing-masing untuk mendukung aksi ini.

Kasus kriminalisasi dan kekerasan terhadap perawat saat ini memang sudah sangat memprihatinkan. Redaksi mencatat beberapa kasus sebagai berikut : Pemukulan perawat di tanggerang, pengeroyokan perawat di lampung, pembunuhan perawat di papua, ujaran kebencian terhadap perawat oleh pejabat di jambi dan aceh serta tuduhan pelecehan seksual di jawa timur dan jawa tengah.

Kasus kekerasan dan kriminalisasi terhadap perawat sudah sangat meresahkan dan harus segera dihentikan. Perawat harus mendapat kepastian perlindungan hukum dan kenyamanan dalam bekerja, agar pelayanan kepada masyarakat dapat optimal. Semoga aksi perawat langsung esok membuka mata semua pihak akan hal ini.

Red.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s