DPD PPNI Kabupaten Bogor jajaki kerjasama dengan KNCV dalam penanggulangan TB

Pada tanggal 23 Oktober 2017 lalu dibawah koordinasi Kementrian Kesehatan telah ditandatangani Kesepakatan Kerjasama antar profesi didalam penanggulangan Tuberkulosis (TB) di Indonesia. Kerjasama yang disebut dengan Koalisi Organisasi Profesi Indonesia (KOPI) terdiri dari PPNI, IDI, Perhimpunan dibawah IDI, IAI, dan PATELKI merupakan bagian dari Public Private Mix (PPM) untuk mendukung program nasional penanggulangan TB.

PPNI pusat sebagai bagian dari KOPI telah membuat edaran kepada PPNI Propinsi dan Daerah agar berperan aktif didalam program penanggulangan TB diwilayah masing masing. Sehubungan dengan surat edaran tersebut DPD PPNI Kabupaten Bogor menyambut baik dan langsung mengadakan penjajakan kerjasama dengan KNCV dan Dinas Kesehatan Kabupaten.

Siapakah KNCV itu? KNCV atau Koninklijke Nederlandse Centrale Vereniging Tot Bestridjing Der Tuberculose adalah organisasi nirlaba yang secata khusus berfokus pada pengentasan TB diseluruh dunia dengan memperkuat sistem kesehatan dalam penanggulangan TB ditingkat global dan lokal. KNCV yang berkantor pusat di Denhaag – Belanda merupakan wadah bagi dokter, perawat, peneliti, dan epidemiologis. Saat ini KNCV memiliki 3 kantor regional yaitu eropa, asia dan afrika. KNCV juga memiliki 12 kantor perwakilan di Botswana, Republik Dominika, Ethiopia, Indonesia, Kirgistan, Namimbia, Nigeria, Pakistan, Afrika Selatan, Tajikistan, Uganda dan Vietnam.

KNCV didirikan dengan tujuan menghentikan penularan penyakit TB sebagai pembunuh nomor 2 di dunia, serta memberantas penyakit TB kebal obat. Untuk mencapai tujuan tersebut dibentuk program-program yang meliputi 8 wilayah teknis meliputi : Akses dini universal, penguatan laboratorium, pengendalian infeksi, manajemen terpadu pengendalian TB resisten obat, TB/HIV, penguatan sistem kesehatan, manajemen suplai obat dan pemantauan evaluasi.

Di Indonesia KNCV beroperasi sejak September 2002 dengan mengelola dana Hibah dari USAID dan CIDA. Saat ini KNCV beroperasi di 10 propinsi meliputi Sumatra Utara, Sumatra Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi selatan, Papua dan Papua Barat. Nama proyek yang diusung oleh KNCV dikenal dengan Chalenge TB.

Jika kerjasama disepakati maka DPD PPNI mendapat tugas untuk melakukan penguatan sistem kesehatan di 36 Puskesmas dan 21 Rumah sakit di wilayah Kabupaten Bogor. Selain itu juga harus menggalang partisipasi kalangan swasta dan masyarakat dalam jaringan Public Private Mix penanggulangan TB.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s