Ketua DPW PPNI Sumatera Utara himbau agar Pemda Tapanuli Selatan membuat program perawat desa

Masalah kesehatan nasional seperti gizi buruk yang mengakibatkan stunting dan penyakit menular harus ditangani dengan baik mulai dari pedesaan. Oleh karena itu keberadaan perawat desa yang memahami keperawatan komunitas sangat diperlukan. Hal ini disampaikan Ketua DPW PPNI Sumatera Utara Mahsur Al Hazkiyani dalam sambutannya pada acara pembukaan Musyawarah Daerah PPNI Tapanuli Selatan yang diselenggarakan di STIKes Aufa Royhan pada tanggal 21 April 218.

Mahsur menghimbau kepada Pemerintah Daerah Tapanuli Selatan untuk mengalokasikan Dana Desa untuk membangun fasilitas kesehatan, pengadaan alat kesehatan dan membayar jasa perawat dipedesaan. Penggunaan dana desa untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat desa sangat memungkinkan sebagaimana disampaikan oleh perwakilan Kementrian Kesehatan, Kementrian Pembangun desa dan Kementrian Dalam negri pada Rakernas PPNI lalu di Pekanbaru.

Pada kesempatan yang sama Bupati Tapanuli Selatan yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Drs. Marasaud Harahap menyampaikan bahwa perawat merupakan profesi mulia yang melayani tanpa membedakan suku, agama, jenis kelamin dan tali persaudaraan. Marasaud juga menyampaikan bahwa perawat ibarat seorang ibu atau orang tua yang melayani dengan sabar dan berempati pada penderitaan pasien. Beliau juga berharap RSUD Sipirok dalam lulus akreditasi sehingga dapat melayani masyarakat lebih baik lagi. Selain itu target pemerintah daerah untuk melakukan akreditasi 10 puskesmas tahun ini setelah sebelumnya 2 puskesmas telah terakreditasi.

Red.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s