Rakernas PPNI di Pekanbaru sukses dilaksanakan

Rapat Kerja Nasional PPNI di Pekanbaru Riau sukses dilaksanakan dengan menghasilkan banyak rekomendasi yang harus dijalankan oleh semua level kepengurusan dari tingkat pusat sampai daerah. Rekomendasi hasil rakernas ini harus dilaksanakan dalam kurun waktu 2 tahun dan akan dievaluasi pada Musyawarah Nasional tahun 2020 mendatang di Bali.

Fokus pada kesejahteraan

Rakernas kali ini sesuai dengan tema yang diusung memfokuskan pada kesejahteraan anggota. Kesejahteraan perawat dimaksud adalah pengupahan layak bagi perawat, kompensasi jasa perawat, tunjangan fungsional, golongan jabatan perawat dan jenjang karir. Demikian yang disampaikan oleh Ketua Umum dan Ketua DPP Bidang Kesejahteraan PPNI Pusat. Secara khusus juga rakernas kali ini menyoroti perjuangam perawat honorer dan perawat PTT DTPK dalam memperjuangkan statut kegawaian dan pengupahannya. Ketua Umum menghimbau agar perjuangan mereka dikawal juga oleh DPW,DPD dan DPK diwilayah masing-masing.

Advokasi peraturan-peraturan yang berpihak pada perawat

Hal yang menjadi bahasan utama dalam Rakernas juga adalah pentingnya untuk segera mewujudkan aturan pelaksana dari Undang-Undang Keperawatan dalam bentuk Perpres, Permenkes, Permendes, Permenpan, Permendagri, Perda, Pergub dan perbup. Salah satu permenkes yang paling dinanti oleh masyarakat oerawat adalah Permenkes tentang Praktik Mandiri Keperawatan. Hal ini karena permenkes tersebut berhubungan langsung dengan kesejahteraan perawat. Kondisi sekarang peluang kerja semakin sulit, oleh karena itu praktek mandiri menjadi salah satu solusi bagi kesejahteraan perawat.

Isu strategis

Dalam Rakernas juga dimunculkan isu-isu strategis terkini yang harus mendapat perhatiam organisasi. Salah satu isu strategis yang muncul adalah perlunya PPNI mendorong dan mendukunng kader yang maju dalam perhelatan pemilu 2019 untuk mendudukan perawat sebanyak-banyaknya di kursi DPR dan DPRD. Hal ini sangat penting dilakukan karena dengan adanya perwakilan perawat dilegislatif akan sangat membantu perjuangan organisasi kedepan. Dibahas juga agar PPNI mendorong dan membantu kader perawat untuk menduduki posisi posisi strategis dipemerintahan dan fasilitas kesehatan seperti kepala bidang, kepala dinas dan direktur rumah sakit.

Pada pukul 00.30 WIB dini hari tadi Rakernas resmi ditutup Ketua Umum PPNI dengan menyerahkan hasil Rakernas kepada Tim Perumus untuk menyempurnakan naskah rekomendasi Rakernas sebelum didistribusikan kepada DPD dan DPW PPNI.

Semoga hasil Rakernas benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh semua perawat di Indonesia.

Red.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s